MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER,SERANGAN JANTUNG,IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN
Jumat, 16 April 2010

postheadericon Contoh Program java Sederhana

Setelah Anda mendapatkan gambaran yang cukup mengenai dasar-dasar OOP, kini saatnya kita memasuki dunia Java yang sebenarnya. Berikut ini contoh program Java yang sederhana:
/*
Contoh program java sederhana
-----------------------------
*/
class Hello{
//awal program selalu dimulai dari main()
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Hello Java...");
}
}
Catatan Penting!
Java bersifat case sensitive atau Huruf besar dan kecil adalah berbeda dalam Java. Oleh karena itu, pastikan mengetik code di atas sama persis, tanpa mengubah tipe huruf. Selain itu dalam Java, white space seperti karakter spasi, tab, pindah baris, dan karakter lainnya yang berfungsi untuk memformat tampilan, tidak memiliki arti apa pun selain untuk memudahkan kita membaca code yang ditulis. Oleh karena itu, gunakan karakter white space ini sesuka Anda untuk memformat tampilan code yang ditulis, agar memudahkan Anda atau siapa pun membacanya. Ketik program di atas menggunakan text editor (contoh: Windows Notepad) dan simpan dengan nama Hello.java.
Catatan Penting!
Untuk selanjutnya, kemungkinan Anda akan banyak bereksperimen dengan membuat class baru sendiri. Ingatlah, selalu simpan setiap class yang dibuat ke dalam filenya masing-masing yang sesuai dengan nama class-nya. Contohnya jika Anda membuat class, simpan ke dalam Test file.
Test.java
Lakukan kompilasi dengan mengetikkan perintah berikut pada command prompt:
javac Hello.java
Contoh:
C:\java_projects>javac Hello.java
Setelah kompilasi, Anda akan mendapatkan file bytecode dengan nama  Hello.class. Ketik perintah berikut untuk mengeksekusi program Java ini: java Hello
Contoh:
C:\java_projects>java Hello
Ingat, pada perintah di atas, Hello adalah nama class, bukan nama file, karena itu jangan memasukkan nama ekstensi file .class. Sebagai hasil output dari program di atas, Anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut: Hello java...

0 komentar:

Welcome Myspace Comments

About Me

Zodiac Myspace Comments
Powered By Blogger

facebook gw

Photoshop Tutorial

KOREK GAS

Apa sajalah yang penting Happy

Struktur Kontrol dalam PHP